11/18/2016

Informasi Pertanyaan Tes Wawancara Kerja

Informasi Pertanyaan Tes Wawancara Kerja
Pertanyaan-pertanyaan yang sering diajukan dalam tes interview (wawancara) kerja : 
  1. Ceritakan tentang diri anda.  Jawab : Ceritakan tentang riwayat pekerjaan anda dari pertama kali sampai dengan sekarang. Jawablah dengan singkat dan jelas. 
  2. Mengapa anda meninggalkan pekerjaan lama anda ?  Jawaban terbaik : Jangan menjawab karena bosnya dulu bermasalah, atau rekan kerja tidak becus atau ada masalah manajemen. Jika anda menjawab demikian, justru anda sendiri yang tampak jelek. Tetaplah tersenyum dan jawabalah anda ingin mencari tantangan baru dan kesempatan karir yang lebih besar. 
  3. Pengalaman apa yang anda miliki dalam bidang ini ?  Jawab : Ceritakan pengalaman kerja yang berhubungan dengan bidang yang anda lamar. Jika belum punya pengalaman di bidang itu, ceritakan terus terang anda punya keinginan untuk belajar dengan cepat di bidang baru tersebut. 
  4. Apakah anda merasa diri anda sukses ?  Jawab: Jawablah YA. Dan ceritakan singkat kenapa anda merasa anda sukses. Yaitu anda telah menetapkan target hidup, dan sebagian telah anda capai. Dan saat ini anda berada di jalur yang tepat untuk meraih semua target hidup anda tersebut. 
  5. Apa pendapat rekan kerja anda terhadap diri anda ?  Jawablah komentar-komentar rekan kerja anda terhadap diri anda yang dapat menunjang karir anda 
  6. Apa yang anda ketahui tentang perusahaan ini ?  Jawab: Sebelum wawancara ada baiknya anda caritahu informasi mendalam tentang profil perusahaan yang anda lamar sehingga anda mampu menjawab pertanyaan ini dengan baik. Pengetahuan anda tentang perusahaan bisa menjadi nilai tambah anda. 
  7. Apa yang telah anda lakukan untuk meningkatkan wawasan dan skill anda ?  Jawablah seminar, training, dan aktifitas lain yang anda ikuti dalam rangka meningkatkan wawasan dan skill anda.
  8. Mengapa anda melamar di perusahaan ini ?  Jawab: jawablah tujuan anda melamar di perusahaan ini. Misalkan anda ingin meniti karir yang cemerlang dan sukses jangka panjang di perusahaan ini.
  9. Berapa gaji yang anda minta ?  Jawab: Saya lebih suka menunjukkan unjuk kerja saya sebaik mungkin dan saya yakin perusahaan akan memberi gaji yang sesuai. 
  10. Apakah anda dapat berkeja sama secara tim ?  Jawab: Ya. Saya dapat bekerja dalam tim. Teamwork yang solid sangat penting dalam mencapai tujuan perusahaan.
  11. Jika anda diterima, berapa lama anda akan bekerja di perusahaan ini ?  Jawab: Saya ingin meniti karir dan kesuksesan jangka panjang di perusahaan 
  12. Apa prinsip anda dalam pekerjaan ?  Jawab: Saya memilih pekerjaan yang halal dan saya bekerja keras sebaik mungkin untuk meraih kesuksesan
  13. Mengapa perusahaan ini harus menerima anda ?  Jawab: Saya memiliki kriteria dan berbagai keunggulan yang sangat dibutuhkan perusahaan. Yaitu …..... 
  14. Apa kelebihan anda ?  Jawab: Jawablah kelebihan-kelebihan anda secara jujur, percaya diri namun tetap santun. Misalkan kelebihan kepemimpinan, kelebihan tanggungjawab, kelebihan pemecahan masalah, kelebihan bekerja dalam tekanan. Dan sebagainya 
  15. Apa kelemahan anda ?  Jawab: Jawablah kelemahan anda yang sekiranya manusiawi, wajar dan tidak berlebihan. 
  16. Apa pekerjaan impian anda ?  Jawab: Jika pekerjaan impian anda adalah yang sedang anda lamar ini, maka anda memiliki poin plus. Yaitu perusahaan akan sangat mempertimbangkan menerima anda.
  17. Mengapa anda berpikir anda bisa bekerja dengan baik di perusahaan ini ?  Jawab: Saya sangat suka dan tertarik dengan pekerjaan ini. Saya memiliki skill yang sesuai di bidang ini. Dan saya memiliki pengalaman serta hasrat yang tinggi bekerja di bidang ini. 
  18. Ceritakan masalah yang anda hadapi dengan bos anda yang dulu. Jawab: Jangan membuat pernyataan negatif. Jangan menjelekkan bos atau rekan kerja anda yang dulu. Berfikir, bertindak dan berkatalah yang positif. 
  19. Apa yang membuatmu kecewa dengan perusahaan yang dulu ?  Jawab: Jawablah dengan santun. Misalkan: saya ingin mencari tantangan dan peluang yang lebih besar lagi. Di perusahaan lama saya kurang mendapatkan tantangan. 
  20. Apakah anda mampu bekerja dibawah tekanan ?  Jawab: Ya. Saya mampu bekerja dibawah tekanan. Ceritakan pula pengalaman anda bekerja dibawah tekanan, dikejar deadline, dan semacamnya. 
  21. Apa motivasi anda untuk melakukan pekerjaan sebaik mungkin ?  Jawab: Prestasi, Tantangan, Penghargaan dll 
  22. Apakah anda bersedia ditempatkan di lokasi luar pulau yang terpencil ?  Jawab: Jawablah sesuai dengan kesanggupan anda. 
  23. Apakah anda bersedia menempatkan kepentingan perusahaan diatas kepentingan anda sendiri ?  Jawab: Ya. 
  24. Bagaimana anda menanggapi kritikan ?  Jawab: Kritikan adalah masukan yang sangat penting bagi kita supaya kita dapat memperbaiki diri dan agar kita dapat meningkatkan kualitas diri kita serta memperbaiki kesalahan yang kita buat 
  25. Apakah anda punya pertanyaan untuk kami ?  Jawab: Berikan pertanyaan yang berkaitan dengan pekerjaan. Bukan masalah pribadi atau masalah yang tidak berhubungan dengan pekerjaan. 

Tips Wawancara Kerja : 
  • Beberapa hari sebelum tes wawancara, persiapkan diri dalam menghadapi pertanyaan-pertanyaan yang mungkin muncul berkenaan dengan bidang pekerjaan yang anda lamar. 
  • Berdoa sebelum masuk ruangan dan bersikap tenang. 
  • Berpenampilan rapi, bersih, sopan 
  • Datang tepat waktu. Tidak terlambat 
  • Jawablah jujur setiap pertanyaan 
  • Jawablah dengan santun 
  • Tunjukkan rasa percaya diri anda dengan kalem dan anggun, bukan dengan tinggi hati dan sombong 
  • Jawablah dengan kata-kata jelas, tidak membingungkan 
  • Jawablah dengan lancar, jangan berbelit-belit dan jangan terbata-bata 
  • Jangan menjelekkan orang atau perusahaan lain, termasuk perusahaan lama anda atau rekan kerja lama anda. 
Load disqus comments

0 komentar