5/13/2018

Cara Membuat Curriculum Vitae (CV) atau Daftar Riwayat Hidup

Contoh Daftar Riwayat Hidup

Daftar Riwayat Hidup atau yang dalam bahasa inggris disebut Curriculum Vitae biasa di singkat dengan nama CV. Di tahun 2018 ini, persaingan untuk memasuki dunia kerja sangatlah ketat. Dengan semakin banyaknya jumlah lulusan baik dari tingkat SMA, Diploma maupun tingkat Sarjana. Hal ini menyebabkan semakin banyaknya jumlah pengangguran di Indonesia, sehingga berdampak pada kejahatan atau kriminal seperti pencurian, perampokan dan tindakan kriminal lainnya.

Untuk itu penulis akan memberikan panduan mengenai bagaimana cara membuat Curriculum Vitae (CV) atau Daftar Riwayat Hidup yang baik, yang memberikan kesempatan kepada para pelamar kerja untuk mendapatkan kesempatan yang lebih besar saat screening berkas pertama kalinya. Walaupun untuk mendapatkan pekerjaan impian tidak cukup hanya dengan Curriculum Vitae (CV) yang baik saja, karena masih ada beberapa tahapan lagi seperti interview dengan HRD, kemudian interview dengan User (Calon atasan), lalu psikotest, offering letter dan yang terakhir Medical Check up. Tetapi seperti yang penulis sampaikan sebelumnya, dengan Curriculum Vitae (CV) yang baik akan memberikan kesempatan besar kepada pelamar kerja untuk melanjutkan ke tahap seleksi yang selanjutnya. 


Contoh Daftar Riwayat Hidup 


Dibawah ini adalah Contoh Daftar Riwayat Hidup atau Curriculum Vitae yang bisa menjadi pedoman bagi para pelamar kerja untuk mendapatkan pekerjaan impian :






Cara Membuat CV


Cara membuat Curriculum Vitae (CV) atau Daftar Riwayat Hidup seperti contoh diatas, adalah dengan membuat secara menarik, jelas, memuat isi dari kemampuan dan pengalaman dan dapat dipahami oleh HRD atau recruiter pada pandangan pertama.

Ingat HRD juga manusia, yang menerima begitu banyak Surat Lamaran Kerja. Mereka tidak akan memiliki waktu yang banyak untuk memilih-milih CV yang masuk kepada mereka. Hal yang perlu diperhatikan :
  • Pertama adalah harus ada Photo yang sesuai dengan diri kita, usahakan yang formal. 
  • Yang Kedua nama, alamat, nomor Handphone maupun email (nah ini usahakan yang formal ya, jangan yang macam-macam). 
  • Yang Ketiga adalah cantumkan apa saja Training atau pelatihan yang sudah diikuti baik di tempat kerja bagi yang sudah berpengalaman maupun di Kampus atau sekolah bagi Fresh Graduate. 
  • Yang keempat adalah kemampuan teknis apa yang dimiliki silahkan dicantukan pada CV. 
  • Yang kelima adalah organisasi apa yang diikuti saat sekolah maupun kuliah atau saat masih bekerja. 
  • Yang Keenam adalah pengalaman bekerja dibuat secara ringkas dan jelas. 
  • Yang Ketujuh adalah Pendidikan terakhir para pelamar kerja. 
  • Dan terakhir yang kedelapan adalah cantumkan pencapaian apa saja yang telah didapatkan saat masih sekolah atau kuliah bagi Fresh Graduate ataupun saat masih bekerja bagi yang sudah memiliki pengalaman kerja.
Load disqus comments

0 komentar